Archive for October, 2008

Kenapa mesti buru-buru?

Posted: October 8, 2008 in just thoughts

Aku bener-bener nggak habis pikir, kenapa sih kebanyakan penumpang pesawat terbang langsung pada berdiri, berdesakan dan berjejalan ngantri untuk keluar dari pesawat pada saat pesawat baru bener2 berhenti?

Padahal, awak pesawat dan petugas bandara butuh waktu buat mbuka pintu pesawat, dilanjutkan dengan masang tangga atau garbarata – yang (paling enggak) butuh waktu antara 5-10 menit… Apa sih yang bikin para penumpang ini begitu terburu-buru sehingga gak sabar menunggu sekitar 5-10 menit lagi dengan duduk manis di kursi masing-masing sampe pintu dan tangga pesawat sudah bener-bener siap untuk dilewati?

Advertisements

Waktu kecil, cita2ku pengen jadi pramugari. Pokoknya, di mataku profesi pramugari itu cool banget. Kenapa enggak? Nama profesinya aja udah terdengar keren “pra-mu-ga-ri”. Secara “image” pun, seorang pramugari terasosiasi dengan cantik, anggun, ramah, feminin, dan bisa keliling dunia. Menurutku, profesi pramugari itu kayak impian punya kehidupan kayak barbie, every girl’s obsession…

Tapi apa daya, begitu beranjak dewasa, ternyata cita-cita masa kecilku itu terhempas begitu saja hanya karena 1 hal yang harus dimiliki oleh seorang pramugari: “Tinggi badan minimum 165cm”. Ohmigod,persyaratan yang diskriminatif sekali… Sementara pertumbuhan ketinggian badanku terhenti di 155cm… Bukan, 152cm… Ehm, ok, 150cm :D.

Lama-lama, impian masa kecilku itu terpendam karena aku bergelut di bidang engineering.Pada suatu kesempatan, aku harus pergi naek pesawat terbang. Meskipun impian itu udah lama terpendam, waktu di bandara ngeliat mbak-mbak pramugari bersliweran bak peragawati, tetep bikin aku iri.Tapi, pada akhirnya aku bener-bener bisa mengikhlaskan impian masa kecilku itu tetap menjadi impian.Kenapa?

Karena syarat tinggi badan minimum itu bukan syarat yang omong kosong belaka
bukan pula syarat yang dibuat-buat untuk mendukung seleksi alam
tapi…
memang butuh orang-orang dengan tinggi minimum 165 cm untuk bisa menutup kabin di atas tempat duduk penumpang tanpa susah payah berjinjit seperti yang dilakukan oleh orang dengan tinggi 150cm…